COVID-19: Peranan Business Owner Dalam Memastikan Karyawan Mematuhi SOP di Tempat Kerja

Monday September 7

Dampak dari pandemi COVID-19 membuat banyak tempat usaha untuk menutup lahan bisnisnya dengan tujuan agar mencegah adanya penularan virus di lingkungan kerja. Akan tetapi masih ada beberapa yang tetap membuka tempat usahanya, namun tentu saja harus dengan prosedur yang cukup ketat dan harus diperhatikan untuk mengatasi penuluran COVID-19 ini di lingkungan kerja.

Upaya para pengusaha berdampak signifikan dalam memastikan bahwa semua karyawan mematuhi pedoman Standar Operasi Prosedur (SOP) di lingkungan kerja. Pada saat karyawan datang ke tempat kerja, dan tidak melaksanakan prosedur protokol kesehatan, maka mereka berpotensi dapat tertular atau menularkan infeksi. Hal ini diperparah dengan laporan dari berbagai lembaga kesehatan yang menunjukan bahwa penderita COVID-19 diyakini tidak selalu memiliki gejala sakit.

Untuk itu, dalam rangka antisipasi lanjutan kepada karyawan usai masa krisis penyebaran COVID-19 dan menjalani kehidupan New Normal, maka perusahaan pun harus menyusun prosedur protokol kesehatan baru yang wajib diperhatikan dan dilaksanakan semua karyawan.

Beberapa prosedur protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19 adalah sebagai berikut:

1. Standar menjalankan New Normal. Perusahaan menghimbau kepada semua karyawan untuk membawa peralatan pribadi seperti masker, alat makan, botol minum, alat ibadah dan hand sanitizer.

2. Wajib dilakukan pengecekan suhu dan kesehatan di pintu masuk tempat kerja dengan menggunakan thermal meters, menyediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan lengkap dengan sabun.

3. Menggunakan aplikasi absensi berbasis cloud. Pagii adalah aplikasi yang kami gunakan untuk menggantikan mesin absensi seperti fingerprint atau ID card yang mempermudah karyawan pada saat melakukan check in sehingga mengurangi kontak fisik pada mesin. Tidak hanya fitur check in atau check out saja, aplikasi absensi online Pagii juga bisa digunakan saat karyawan melakukan Work From Home (WFH). Fitur lainnya seperti Business Trip, Overtime, dan Leave juga tersedia pada aplikasi ini. Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa mengunjungi website official www.pagii.co.

4. Karyawan wajib memakai masker pada saat bekerja dan duduk sesuai dengan tempat masing-masing yang sudah ditentukan oleh perusahan dengan protokol social distancing. (Menggunakan foto real di kantor). Protokol kesehatan pada masa pandemi ini sangat diwajibkan dan harus diperhatikan dengan baik oleh semua pihak agar penularan infeksi Covid-19 semakin kecil. 

5. Batasi jumlah karyawan yang berada ditempat kerja. Beberapa perusahaan menggunakan sistem rolling atau membagi aktivitas kerja karyawan menjadi Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO), sehingga yang datang ke kantor hanya setengah dari total karyawan. Ketaatan protokol kesehatan adalah kunci utama untuk mengurangi penularan Covid-19 dilingkungan kerja.